Skip to content

Sri Mulyani : Hero or Loser..??

Mei 8, 2010

Mundurnya Sri Mulyani Indrawati dari jabatan menteri keuangan merupakan keputusan yang cukup mengejutkan. Walaupun, hal tersebut sepenuhnya bisa diprediksi. Kalau Sri Mulyani mundur begitu saja tanpa embel-embel, mungkin pengaruhnya tidak sebesar saat ini. Embel-embel yang menempel itu, Sri Mulyani dikabarkan ditawari jabatan yang cukup bergengsi di lembaga keuangan internasional, Bank Dunia, untuk posisi managing director (direktur Pelaksana).

Faktor apa yang menggerakkan sampai muncul hal itu? Banyak spekulasi yang muncul. Terlepas dari kemelut politik yang mungkin membelit kasus tersebut, sudah banyak anggapan yang muncul bahwa ditariknya Sri Mulyani ke jajaran pimpinan Bank Dunia tidak terlepas dari prestasinya menghindarkan perekonomian Indonesia dari krisis ekonomi global. Bank Dunia dikabarkan menginginkan Sri Mulyani bisa membawa pengalamannya dalam mengelola perekonomian Indonesia ke Bank Dunia.

Pengunduran Sri mulyani di suatu sisi menimbulkan efek yang negative bagi tatanan dan situasi politik di Indonesia,dimana berdasarkan hasil rekomendasi anggota DPR Hak angket Century ,mantan mentri keuangan ini dituntut bertanggung jawab atas kasus century  yang merugikan uang Negara hingga 1.6 T.

Sri Mulyani juga sampai sekarang masih dalam proses pemeriksaan KPK,sehingga hal ini sangat berdampak sistemik bagi diri Sri Mulyani sendiri yang akan menjadi dorektur pelaksana di Bank Dunia.

Dalam situasi seperti ini,semua orang akan bertanya-tanya mengapa Ibu Sri Mulyani yang  cukup diakui kredibilitas dan kemempuannya di Seluruh dunia bisa terjebak dalam hal-hal yang seperti ini.

Perlu kita perhatikan bahwa sejatinya kita tidak bisa serta-merta menyalahkan Sri Mulyani dalam kasus ini,karena dalam hal ini ibu Sri Mulyani memposisikan diri sebagai orang yang mengambil keputusan dalam keadaan yang mendesak dimana perkonomian Negara Indonesia sangat kacau,darurat dan amburadul.

Bukti dari kredibilitas dan kejeniusan ibu Sri Mulyani adalah banyaknya penghargaan Internasional yang beliau terima.

Ada 14 penghargaan yang diberikan oleh media keuangan internasional terkait kinerja manajemen surat berharga negara Indonesia selama Sri Mulyani Indrawati memimpin di Kementerian Keuangan sejak tahun 2005.

Beberapa penghargaan yang tercatat, antara lain, untuk penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara seri IFR-0001 dan IFR-0002 yang diterbitkan pada bulan Agustus 2008. Kedua sukuk negara ini mendapat apresiasi internasional dengan meraih penghargaaan dari International Financial Review Asia/IFR-Asia, yakni sebagai Best Deal dan Best Indonesia Capital Markets Deal.

Sukuk negara ini juga memperoleh penghargaan Alpha South East Asia sebagai Best Deal of The Year. Kemudian Islamic Finance News sebagai Indonesia Deal of The Year 2008, serta International Financing Review sebagai Emerging Asia Bond.

Pada 11 Februari 2009, Pemerintah Indonesia menerima penghargaan dari IFK Asia sebagai The Best lslamic Deal dan The Best Indonesia Capital Market Deal atas penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (sukuk negara) seri IFR0001 dan IFR0002. Keduanya diberikan di Hongkong.Sehari kemudian, pemerintah juga mendapatkan penghargaan dari Finance Asia untuk kategori Best Sovereign Bond of the Year atas penerbitan Obligasi Negara dalam valuta asing (global bond) bulan Juni 2008. Pada 15 Januari 2009, Pemerintah juga menerima tiga perhargaan sekaligus atas global bond bulan Januari dan Juni 2008 dari media keuangan internasional,The Asset Penghargaan yang diberikan adalah dalam kategori Best Issuer; Best Sovereign Bond untuk penerbitan Obligasi Negara dalam valuta asing seri INDO-18 dan INDO-38; serta Best Deal penerbitan Obligasi Negara dalam valuta asing seri INDO-18 dan INDO-38.

Adapun pada 4 Februari 2009, Pemerintah juga telah menerima penghargaan dari dari Alpha Southeast Asia untuk penerbitan sukuk negara, dengan kategori penghargaan Best Deal of The Year dan Best Sovereign Deal of The Year in Southeast Asia.

Melihat Prestasius dari Ibu Sri Mulyani  seperti ini yang telah diakui oleh seluruh Dunia,Apakah kita masih ragu dan Pantas mengatakanya seorang Penjahat atau Pecundang???

11 Komentar leave one →
  1. Mei 8, 2010 12:52 pm

    tanyakan pda rumput yang bergoyang

  2. Mei 8, 2010 12:53 pm

    Postingnya yang sangat menarik, selamat untuk anda.
    Kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru yang berjudul : “Sepeda motor hybrid, kenapa tidak?”, dan artikel lain yang berguna dan mohon diberi komentar. Terima kasih.

  3. Mei 9, 2010 2:41 am

    kunjungan balik…
    wah..kalo buat ak mah terserah die mau mundur pa gak…

    nice post….

  4. Mei 10, 2010 8:19 am

    Saya takjub.🙂

  5. Mei 10, 2010 1:51 pm

    i think she good..

  6. Mei 11, 2010 2:06 am

    @ aditkus : wah kyk Ebit G ade aja…

    @ Haris Istanto : thanks dah mampir ,nanti saya kesana…

    @ betea2005 : thanks kunjungannya…loh koq terserah siH ??

    @ andee : What do you mean ??

    @ Asop : wah lebay tuh..

  7. darahbiroe permalink
    Mei 11, 2010 2:09 am

    heheh
    smoga keputusan yang diambil
    adalah keputusan yang terbaik buat SMi ataupun buat indonesia😀

  8. Mei 11, 2010 4:02 am

    wuih… emang negara qta ini udah parah yahhh… kasihan tuh si ibu, udah berbakti kepada negara, masa balasannya begini.. yang harus d pikirkan negara qta itu adalah.. kenapa dia mw mengundurkan diri..?? pasti ada sesuatu yang benar2 telah menjadikan itu alasannya untuk mengundurkan diri..

    sangat sedih dengan keadaan negara yang sperti ini, ada orang yang benar2 berbakti kepada negara tapi di balas dengan kekecewaan yang besar…

    chaiyoo buat ibu SMI…

    nice posting..:)

  9. Mei 13, 2010 7:51 am

    SMI very good people…

  10. Mei 13, 2010 3:09 pm

    @ darahbiroe : betul…semoga baik untuk semua rakyat Indonesia..

    @ tiwie hidayat : mau gmn lagi..beginilah situasinya…thanks dah mampir…

    @ andee : yoi..thanks..

  11. Mei 20, 2010 3:31 am

    hmm.. gimana ya.. dy pernah jadi hero n skg dy jadi loserr..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: