Skip to content

Antasari Ashar vs SBY.

Mei 10, 2009




Ketika partai demokrat coba menipu rakyat lewat iklan-iklannya yang mengklaim SBY sebagai tokoh antikorupsi, masih banyak pihak yang netral dan cerdas terutama para ahli hukum beranggapan bahwa sungguhnya pemberantasan korupsi adalah murni prestasi KPK dibawah Antasari Ashar bukan SBY.
Apa alasannya?
1. KPK adalah lembaga independen yang dibentuk lewat UU bukan Kepres, Perpres atau PP.
2. KPK bukan bawahan pemerintah SBY, Sehingga pimpinan KPK tidak akan pernah ikut rapat/sidang kabinet, beda dengan kepala kejaksaan agung dan kepala kepolisian yang harus ikut rapat/sidang kabinet.
3. Yang bisa membubarkan KPK adalah DPR lewat UU.
4. Benar bahwa KPK dibentuk pada pemerintahan Megawati lewat UU, tapi setelah itu kinerja KPK tidak ada sangkut paut atau hubungan dengan eksekutif/presiden.
5. Anggaran untuk KPK harus sepengetahuan dan seijin DPR.
6. Untuk setiap pemeriksaan pejabat-pejabat eksekutif (menteri, gubernur, dewan gubernur BI dsb), legeslatif (anggota DPR) dan yudikatif (hakim), KPK sama sekali tidak memerlukan izin pemeriksaan lisan atau tertulis dari Presiden, beda dengan kejaksaan dan kepolisian yang harus menunggu izin tertulis atau lisan dari Presiden.
7. Pemilihan pimpinan KPK oleh DPR termasuk fit dan propper test, Presiden tugasnya hanya tinggal melantik pimpinan KPK hasil pilihan DPR tersebut, sama halnya ketika presiden melantik Ketua MA(Yudikatif).
8. Presiden tidak punya kekuatan atau kemampuan apapun untuk mengintervensi KPK, bahkan seandainya besan SBY Aulia Pohan mengancam SBYakan memisahkan Annisa Pohan dengan Agus Harimurti, SBY tetap tidak akan mampu mengubah keputusan KPK yang menahan Aulia Pohan. Bahkan ketika SBY bserta anak buahnya sesama Partai Demokrat coba-coba mengancam/mengintervensi Antasari/KPK, Antasari malah menantang balik SBY serta kader-kader Demokrat di DPR.

Dari uraian di atas, menurut anda, siapakah yang berhak menyandang status TOKOH ANTI KORUPSI?

One Comment leave one →
  1. bambang rohmadiyanto permalink
    Mei 2, 2011 2:50 am

    btl, saya yang orang gak tahu tapi sering mengikuti kasus pak antasari ini, menilai bahwa pak antasarilah yang patut menyandang sbg TOKOH ANTI KORUPSI. kasihan begitu banyak yang menyerangnya… smg Allah segera membuka kebenaran ini amin ya robbal alamin 1.000.000.000x

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: