Skip to content

Daftar Marga-Marga dalam Suku Batak

Sebagai orang Batak saya sangat antusias dalam mendalami dan mempelajari tarombo-tarombo yang ada dalam adat-istiadat Batak.
Hal ini sangat berguna sekali,terutama bagi saya sendiri yang ada di Perantauan.
Ketika kita bertemu dengan orang Batak,setidaknya tarombo inilah yang digunakan sebagai alat untuk pengenalan diri/partuturan.
Oleh sebab itu sebelum kita mempelajari tarombo lebih jauh,ada baiknya kita terlebih dahuulu tahu marga-marga yang ada di Batak secara keseluruhan.

Berikut ini merupakan daftar Marga-marga yang ada dalam suku Batak.Baik itu suku Batak Toba,Pak-Pak,Simalungun,Karo,maupu batak mandailing/angkola.

A

1. Ajartambun
2. Akarbejadi
3. Ambarita
4. Angkat
5. Aretha
6. Aritonang
7. Aruan

B

8. Bako
9. Banjarnahor
10. Banuarea
11. Barasa
12. Bagariang
13. Bakkara
14. Bangun
15. Barus
16. Barutu
17. Batubara
18. Butarbutar
19. Bukit
20. Brahmana
21. Bancin
22. Boliala
23. Buaton
C
24. Capah
25. Cibro
D
26. Dalimunthe
27. Debataraja
28. Daulay
29. Doloksaribu
30. Depari
31. Damanik
G
32. Ginting
33. Girsang
34. Gultom
35. Gurning
36. Gurusinga
37. Gajah
H
38. Harianja
39. Harahap
40. Hasibuan
41. Hasugian
42. Hotmatua
43. Hutabarat
44. Hutagaol
45. Hutahaean
46. Hutajulu
47. Hutasoit
48. Hutapea
49. Hutasuhut
50. Hutauruk
51. Hutagalung
K
52. Kaban
53. Kacaribu
54. Kacinambun
55. Karokaro
56. Kasilan
57. Keloko
58. Kembaren
59. Ketaren
60. Kudadiri
61. Karo
62. Karosekali
63. Kombara
L
64. Limbong
65. Lingga
66. Lubis
67. Lumbanbatu
68. Lumbangaol
69. Lumbannahor
70. Lumbanpea
71. Lumbanraja
72. Lumbansiantar
73. Lumbantoruan
74. Lumbantungkup
M
75. Malau
76. Manalu
77. Manik
78. Manullang
79. Manurung
80. Marbun
81. Marpaung
82. Matondang
83. Meliala
84. Munthe
85. Manihuruk
N
86. Nababan
87. Nadapdap
88. Nadeak
89. Naibaho
90. Naiborhu
91. Nainggolan
92. Naipospos
93. Napitupulu
94. Nasution
95. Napitu
O
96. Ompu Sunggu

P

97. Padang
98. Pakpahan
99. Pandia
100. Pandiangan
101. Pane
102. Pangaribuan
103. Panggabean
104. Panjaitan
105. Parapat
106. Pardede
107. Pardomuan
108. Pardosi
109. Pasaribu
110. Perangin-angin
111. Pinem
112. Pohan
113. Pulungan
114. Purba
R
115. Rambe
116. Rajagukguk
117. Rangkuti
118. Ritonga
119. Rumahorbo
120. Rumapea
121. Rumasingap
122. Rumasondi
S
123. Sagala
124. Saing
125. Samosir
126. Saragi
127. Saragih
128. Saruksuk
129. Sarumpaet
130. Sembiring
131. Siadari
132. Siagian
133. Siahaan
134. Siallagan
135. Siambaton
136. Sianipar
137. Sianturi
138. Sibabiat
139. sibaringbing
140. Sibangebange
141. Sibarani
142. Sebayang
143. Sibero
144. Siboro
145. Siburian
146. Sibuea
147. Sibutarbutar
148. Sidabalok
149. Sidabutar
150. Sidabungke
151. Sidahapintu
152. Sidauruk
153. Sigalingging
154. Sihaloho
155. Sihite
156. Sihombing
157. Sihotang
158. Sijabat
159. Silaban
160. Silaen
161. Silalahi
162. Silitonga
163. SinaBang
164. Simalango
165. Simamora
166. Simandalahi
167. Simangunsong
168. Simanjorang
169. Simanjuntak
170. Simanungkalit
171. Simaremare
172. Simargolang
173. Simarmata
174. Simatupang
175. Simbolon
176. Simorangkir
177. Sinabariba
178. Sinaga
179. Sinambela
180. Singarimbun
181. Sinuhaji
182. Sinulingga
183. Sinukaban
184. Sinukapar
185. Sinupayung
186. Sinurat
187. Sipahutar
188. Sipayung
189. Sirait
190. Siregar
191. Siringo-ringo
192. Sitanggang
193. Sitepu
194. Sitindaon
195. Sitinjak
196. Sitohang
197. Sitompul
198. Sitorus
199. Situmeang
200. Situmorang
201. Situngkir
202. Solia
203. Solin
204. Sormin
205. Sukatendal
206. Surbakti
207. Sinuraya
208. Silitonga
T
209. Tamba
210. Tambun
211. Tambunan
212. Tampubolon
213. Tanjung
214. Tarigan
215. Tarihoran
216. Tinambunan
217. Tinendung
218. Tobing
219. Togatorop
220. Togar
221. Torong
222. Tumangger
223. Tumanggor
224. Turnip
225. Turutan
226. Tigalingga

U
227. Ujung

Apabila ada marga yang belum tercantum dalam postingan ini,mohon kepada para pengunjung,Khususnya bagi orang Batak,untuk langsung mengasihtau lewat komentar ataupun e-mail saya.

Terimakasih.

Horas….

Menjuah-juah..

Njuah-juah..

 

77 Komentar leave one →
  1. dhidhut19 permalink
    Januari 1, 2010 3:43 pm

    wah banyak sekali yach bang…
    klo opung2 pada apal kali yach…
    hohohoho

  2. siguti permalink
    Januari 3, 2010 5:26 pm

    keren ternyata orang batak populasinya cepat bgt,,,,keren

  3. Januari 15, 2010 2:53 am

    wehehehe,,pacar saya batak tuw,,msuk yg tambunan,,,

  4. P.Sitinjak permalink
    Januari 16, 2010 3:11 pm

    numpang iklan ahhhh http://www.kebutuhan-hotel.com

  5. Januari 20, 2010 2:45 pm

    TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  6. Yuniati Elfrida Manullang permalink
    Januari 26, 2010 4:22 am

    makasih ya to, dah kasih informasi. Soalnya saya ni orang “barat” (batak rantau). thank’s, GBU

  7. Maret 10, 2010 8:25 am

    ku bangga, punya suku batak . wak…wak…wak… awk…
    he… he ….. he….

  8. Maret 11, 2010 2:30 pm

    Ajartambun, Akarbejadi, Aretha ?
    Masuk kelompok mana atau dari mana ya ? baru kali ini tau .

  9. April 4, 2010 12:26 am

    Hmmm… Tambunan orang batak ya… Gayus juga berarti… :D

  10. BERTA PANJAITAN permalink
    Mei 4, 2010 1:46 pm

    OHHHH BANYAK BGT YAHH,, KALO BOLEH TAHU DAPET DARI MANA TUHHH, ADA BUKUNYA YA….????

    • dika munthe permalink
      Mei 14, 2010 3:45 am

      horas tano batak

    • Prita permalink
      September 19, 2010 1:05 pm

      itu tambunan yg salah jalan bang..smoga Tuhan meluruskan jlnnya..Amiinn
      ;0)

      • Prita permalink
        September 19, 2010 1:08 pm

        Oiya…Itu NAPITU blm msk y bang..
        Jd Napitu msk dlm Genk PARNA alias SARAGI..Msh sodara sm Simbolon,Simarmata,Rumahorbo,Sigalingging,Turnip,Nadeak,dlll..
        hehehe..mungkin bs dutbhkan bang,,thx

  11. Mei 14, 2010 4:08 am

    @ Asop : iya..Tambunan tuh marga batak,,dan gayus juga orang Batak

    @ BERTA & dika : iya, marga orang Batak cukup byk…dapat dari Buku Lak-Lak…heheheh…Horas jg dika..

  12. Novryanto Sebayang permalink
    Mei 19, 2010 3:36 am

    mantap brother…
    lengkap kali bah…
    tapi itu nomer 142. Sibayang, kalo sempet di ralat dikit. dikit aja.
    Harusnya Sebayang, bukan sibayang…
    Makasi. Horas…

  13. leo permalink
    Mei 24, 2010 6:56 pm

    mau nanya bagi teman2 semua..
    kalo surbakti(karo) dengan naibaho itu sama gak ya????
    bisa nggak kalo nikah???
    hahahahaha, makasih buat bantuannya…
    lagi bingung ini

    • Mei 30, 2010 2:24 pm

      sepengetahuan aq, gak sama, yang sama tu naibaho dengan Bako..
      heheh
      tu yang aq tau

  14. Mei 30, 2010 2:23 pm

    Tq, marga saya ternyata tidak terlupakan,,

  15. Mei 30, 2010 4:51 pm

    saia org batak..tpi gk pernah ke medan n gk bisa bahasa batak…ho2… ajarin dung….

  16. Mei 31, 2010 10:42 am

    @ Novryanto Sebayang : thanks atas perhatiannya,segera ditindak lanjuti…

    @ leo : sedikit menambahkan jawaban dari Ober Bako,setelah q tanya teman2 yang marga naibaho,,katanya sih ga sama dengan surbakti…hehehe

    @ Ober bako : yoi…semua marga takkan terlupakan,..

    @ Fahmi : wah parah ne Bro…klo orang batak bilang kamu itu batak yg LILu..hheheh
    bisa belajar ama q tapi harus berapa sks lah kita belajar….hehehehe

  17. Sjahril permalink
    Juni 7, 2010 4:34 am

    Hebat batakman satu ini.horas

  18. Taufik Purba permalink
    Juni 8, 2010 12:41 am

    dulu waktu SMP guru saya marganya Meha, kok ga ada ya dalam daftar?

  19. ST_NURYANTI permalink
    Juni 8, 2010 2:26 am

    KALO MAKANAN KHAS BATAK APA YA? TRUS, SISTEM PERNIKAHANNYA GMN?

    • Juni 30, 2010 6:07 am

      makanan khas batak …
      Hmmm, banyak bangett !!!
      klo mau nyobain coba aja datang kelapo orang batak, disana tersedia maskan khas orang batak. tapi klo mau lebih enakan lagi datang ke resto orang batak, diberbagai kota juga kayaknya banyak dijumpai. udah gak susah !!! selamat hunting yah, selera kuliner. hihi :DD

      • Juni 30, 2010 5:19 pm

        haha..betul,
        pastinya lebih nikmat klo perginya ke lapo dan resto yang ada di Bonapasogit…
        Mak Nyus dah…hahah

  20. Juni 8, 2010 9:08 am

    @ Sjahril : Horas jg….salam buat kamu…

    @ Taufik Purba : maaf lae/bapak marga itu sebenarnya belum pernah saya dengar dan baca dalam silsilah marga dalam Batak secara keseluruhan..
    akan tetapi setelah saya tanya2 sama teman saya mereka menyebutkan bahwa itu adalah marga dalam sauadara kita yang berada di NIAS…

    tp,buat teman2 yg lain mungkin, apabila ada yg mengetahui lain tentang hal ini bisa menjawab pertanyaan teman kita ini…

    @ ST_Nuryani : makanan khas batak adalah juhut/jagal (B2) dohot dekke (ikan Mas) inilah yg basanya dihidangkan dalam acara prosesi adat Batak…
    sistem pernikahannya adalah patrilineal yakni dengan keturunan dari pihak ayah….

  21. Juni 30, 2010 5:59 am

    bapak marga silaen
    ibu boru panjaitan
    lahir dah dirantauan pulau jawa (jakarta-bandung) …
    awalnya biasa aja !!! gak ada yang istimewa lahir dari kedua orang tua berdarah batak.
    sampai usia 20an pun masih belom paseh berbahasa batak, sampai berkesempatan bergaul dengan teman sebaya yang asli dari tanah tobasa sana. yang merantau kepulau jawa.
    awalnya sih yah begitulah, emang kenapa? … semua orang juga punya kesempatan yang sama lahir dari suku mana pun juga. menurut saya yah hanya faktor kebetulan saja. gak ada yang special sampai saya benar2 memahami sebenarnya suku batak mempunyai keunggulan dari segi budaya, bahasa dan adat istiadat yang gak akan luntur oleh kemajuan jaman dan teknologi. begitulah menurut saya pribadi masih banyak budaya dan adat istiadat yang masih belom bisa saya kuasai warisan budaya dari orang tua sendiri. haha :DD ntar saya klo bisa pun … mudah2an!!! berkeinginan mempunyai pasangan yang asli dari sana. biar agak lancar semuanya!!! horas ma dihamu angka amang, inang, halak tulang, inang tulang, namboru, amang boru, appara, ahhh sude ma. asa hahipason sasude !!! maaf klo bahasa bataknya masih agak belepotan. (maksain dikit) intinya sekarang suku batak especially for me. love u , bonapasogit … i will get u letter, waitting for me to come home.

    • Juni 30, 2010 5:32 pm

      Terimakasih telah mampir dan berbagi Bapak /Lae Roni petua,
      memang fenomena yang berkembang dikalangan Batak sekarang adalah demikian adanya,Para perantau yang sudah lahir di pulau jawa atau diperantauan pada umumnya,kebanyakan kurang respek dan kurang peduli lagi akan budaya dan adat-istiadat Habatakon tersebut..
      memang harus kita akui peran orang tua juga sangat berpengaruh dalam mendidik anaknya,apakah mereka masih mengajarkan nilai2 budaya habatakon tersebut atau dibiarkan saja membaur dengan situasi dan kebudayaan perantauan tersebut,.

      seyogyanya,budaya batak memang budaya yang sangat istimewa.saya sendiri sangat bangga dan bersyukur bisa jadi orang Batak dan bermarga,.akan tetapi terkadang masih banyak yg malu jadi orang Batak..malu pake bahasa batak..dan malu menyebutkan marganya….
      inilah suatu dilema yang sangat krusial bagi kita Bangso Batak sendiri…

      Bapak/Lae Roni Petua,semoga saja bisa semakin cepat memahami dan mempelajari kebudayaan dan adat istiadat kita ini..

      terimakasih (Mauliate)
      Horas…

  22. made ani permalink
    Juli 10, 2010 8:27 am

    sy tdk ada hubnya dngn suku batak, tp sy suka mempelajari hal2 baru.tentang budaya smg semua suku2 di Indonesia bs terus bersatu tanpa perpecahan. horas

  23. Ahmad Sujiwo Rahardy permalink
    Juli 13, 2010 2:20 pm

    Kira2, sama gak ya antara marga Lumban Tobing dengan Tobing?

  24. Agustus 10, 2010 5:31 pm

    Ternyata suku Batak memiliki banyak / keturunan dari moyang orang batak terdahulu.
    Horas Suku Batak mari kita satukan persepsi sebagai sesama orang batak

  25. Andi permalink
    Agustus 20, 2010 3:55 am

    btw saya pnya gebetan yang nama marganya “marpaung”…saya lagi giat2nya mencari info tentang doi…tp ada 1 hal yang blm saya ketahui,yaitu kota kelahiran/kota asalnya?ada yg bsa bantu jwb??trims

  26. Agustus 22, 2010 3:48 am

    @ made ani : semoga demikian…

    @ Ahmad Sujiwo Rahardy : itu sama saja…

    @ Marudin Panggabean : horas jg….

    @ Andi : Bonapasogitnya Q kurang paham….

  27. andi permalink
    September 10, 2010 4:17 pm

    bang bsa britahu tarombo silaban dari tutur op tuan namonang…? tolong ya

  28. September 14, 2010 7:22 am

    Wah suku batak bgs banget, bs bersatu…
    Q jg kepengen jd orang batak…
    pacar q orang batak..

    Horas…

  29. Adjie Sugiwaluyo permalink
    September 24, 2010 6:48 am

    Kepada Yth.
    Bp. Rudini TB Silaban

    sehubungan dengan akan di adakannya kegiatan Sumatera Expo 2010 bertempat di Balai Kartini Center, Jakarta pada tanggal 11 s/d 14 November 2010, yang merupakan kegiatan rutin Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, kami mohon dapat di informasikan data alamat sekretariat perkumpulan marga2 tersebut di wilayah Jakarta melalui japri ke bp_adjie@yahoo.com

    tujuan penggunaan dari data informasi yang nantinya akan Bapak berikan adalah untuk mengundang perkumpulan marga2 tersebut untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Sumut Expo 2010.

    Demikian, atas bantuan dan perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

  30. September 28, 2010 8:50 pm

    Horas…
    Au manungkun majo ate lae..
    Mlo BAGARIANG dohot SIBAGARIANG dang sarupai..

    Alana au jaha d hurur B
    dohot d huruf S

    mauliate

    • Oktober 5, 2010 12:29 pm

      mohon maaf lae…
      salah tulis…
      hulala sarupa doi…

      • Oktober 2, 2012 9:36 am

        Kalau marga yang dimulai dengan huruf Si….., untuk penyebutan buat perempuan Si nya dihilangin… Contoh: Marga Sitohang, perempuannya br. Tohang…

  31. Prita permalink
    September 29, 2010 10:06 am

    NAPITU nya jgn lupa y bang,,,msk dlm genk PARNA alias SARAGI sdrnya Simbolon,Simarmata,Sigalingging,Nadeak,Turnip,Rumahorbo,Togatorop dll…mungkin bs ditbhkan..Mauliate Godang

  32. donny manullang permalink
    November 2, 2010 8:13 pm

    horas…adong do nahurang lae…marga sibaringbing dang masuk dope…
    mauliate ma di angka informasi muna…

    Horas…Horas….

  33. iman ai permalink
    Desember 17, 2010 4:30 am

    dongoran nya mana.??

  34. Ainisyah permalink
    Desember 18, 2010 2:18 pm

    wah hebat!! Saya bangga punya salah satu orang batak!
    HORAS!!

  35. Ainisyah permalink
    Desember 18, 2010 2:20 pm

    wah hebat!! Saya bangga punya salah satu orang tua (ibu) batak! walaupun bapak saya orang jawa HORAS!!

  36. sejarah suku karo permalink
    Desember 20, 2010 3:00 pm

    mama biring sembiring depari
    mejuah juah suku karo
    mencari jati diri suku karo
    mari kita renungkan sebagai suku karo asli ,untuk mengangkat suku karo
    seperti suku suku lain yang ada di indonesia.marilah kita bersama-sama
    …mengangkat suku karo menjadi suku karo asli tanpa menggunakan
    kalimat kata batak ,aku sangat sedih melihat suku karo tidak bisa berdiri dikaki sendiri .ada yang bilang suku karo berasal dari batak itu sangat bohong
    tapi yang benar adalah suku batak masuk menjadi suku karo ,karena suku karo dapat menerima suku-suku lain masuk ke tanah karo, dan mau mengangkat jadi suku karo.dan ada orang karo merasa dia dari batak jangan memponis semua suku karo berasal dari batak. tinggal anda pilih karo atau batak kalou batak lepaskan merga karo(merga silima)karena anda adalah bagian suku karo.jadi ada istilah pepatah DIMANA KAKI BERPIJAK DI SITU LANGIT DIJUNJUNG.jaman dulu suku karo sangat sedikit,JADI pada penjajahan belanda suku karo digabungkan menjadi suku batak sebenarnya tidak, karena belanda sangat pintar untuk batas kekuasaan belanda antara kerajaan aceh itu adalah sebuah politik belanda.klo kita berpikir secara logika bahasa karo seharusnya sangat mirip dengan bahasa batak .apalagi suku karo dengan batak tidak berjauhan bertempat tinggal seharusnya bahasa bataknya sangat kental .mari kita berpikir dari sekarang karo adalah karo batak adalah batak. gelar TANAH KARO itu tidak gampang itu butuh pengorbanan dari suku-suku lain sekitar tanah karo .seperti tanah toraja pasti nya suku toraja suku asli disitu dan. bali, lombok dll .marilah kita hargai nenek moyang kita yang membuat gelar TANAH KARO SIMALEM INGANTA CIO CILINGGEM .banyak orang karo tidak peduli dengan suku sendiri
    mejuah juah manbata kerina .ku mohon yang penuli marga batak tolong merga karo jangan dicampur baurkan seharusnya anda harus menanya suku karo .jangan asal comot aja ,karena karo dan batak jauh berbeda .aku sebagai suku karo tidak setuju .ini sedikit cerita dulu karo dan batak membatai (saling membunuh) di daerah tiga binanga di situ lah kejadianya.klo tdk percaya datang ke tanah karo biar anda tau . itu disebabkan karena beda bahasa ,jelas beda keturunan .anda harus mempelajari dulu baru bertindak .jangan se enaknya aja membuat sejarah ,98% suku karo tidak setuju yang 2% campuran suku batak dan karo .karo tidak mengenal namanya horas,lae,nortor dan banyak lagi,kami suku karo bukan mencari perbedaan tapi kami hanya mengangkat suku karo .tolong di hapus merga -merga karo anda tulis , urus aja suku anda dan marga -marga anda terimakasi,mejuah juah

    • iwan karo-karo permalink
      Desember 20, 2010 3:07 pm

      aku sehkel setuju na bang ,mantap maju terus bang ,kami pemuda karo mendukung dari belakang bang mejuah -juah tanah karo simalem.

    • iwan karo-karo permalink
      Desember 20, 2010 3:11 pm

      kai pe ni kalak kita lebeken adat kita bang ,ula kita sipandang pandangen .sipersadalah arihta gundari nari bujurrrrrrr.mejuah juah bang

    • Desember 21, 2010 4:18 pm

      sejauh ini masih banyak yg mengkategorikan karo itu adalah Batak.
      Tp,masukan dan saran anda akan kami tindak lanjuti dan akan kami lakukan koreksi kedepannya..
      kami jg akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencari tahu sejarah asli tentang hal ini.
      kalau memang benar kami akan menghapus marga-marga tersebut,
      Terimakasih…

    • karsito munthe permalink
      September 26, 2012 5:55 am

      mejuah juah man kita kalak karo.
      ku kataken man kt kalak karo gundari.
      ula ka ktaken ndu adi kalak karo la ka nggit i ktaken kalak batak karo,
      kalak karo enda turun tmurun arah batak toba nari kak ah,
      ula ka ktaken ndu la batak karo kam.
      ije maka na si parsada ukurta janah si pegegeh arih ta.ntah kai pe rugina adi kita ikateken batak karo kita enda. kan lanai rugi kt kan.ula ka jd gejjek kt gara2 suku e.
      aku kalak karo nge aku. merga ku ginting.
      tp, persadaan arih i kuta kami, iban jd na mergaku munthe.
      sbb, melala kalak batak teba ikuta kami.
      e saja pe lanai lit ban kami permasalahen.
      bage sjalah. adi eteh ndu bahasa batak toba nari, kam bandingkn lah bahasa karo ras bahasa batk. la ka ndauh kel bedana, lit beda, tp la krina…je mkana rukur la kt kalak batak karo e,ula kt ban lalap pergjeken. lalit gunana.bujur mejah juah. karsito merga ginting.

      horas tu hita halak batak;
      sattabi tulang.
      martutur majo au,
      pas do martulang au kan…
      alana boru silaban do natua tuakku.
      jd mauliate ma tu tulang na nga ma info hon tu hita halak batak, na generasi seterusna masa depan nami annon.slmt mnjlankn tugas ma tulang, mg sukses sll, tuhan memberkati.
      siyalom;
      horas.

  37. Februari 6, 2011 3:15 pm

    Horas au marga harahap sian sidimpuan

  38. Jose Risal D.I.G.Manihuruk permalink
    Februari 27, 2011 2:16 pm

    teruslah berkarya pantang mundur dan carilah sejarah batak sepanjang nafas masih ada

  39. Jose Risal D.I.G.Manihuruk permalink
    Februari 27, 2011 2:18 pm

    jangan pernah mengeluh walaupun kritikan pedas datang menyerang anda………

  40. Mei 3, 2011 5:14 am

    apakah nama-nama marga orang batak identik dengan agama tertentu?

  41. dongan giawa permalink
    Oktober 21, 2011 2:50 pm

    horas tano batak…… bagus sekali lae

  42. Sofian Herianto Sianipar permalink
    Januari 8, 2012 2:36 pm

    WAH …………………….
    BAGUS x tulisan mu ini bang………
    jadi teringat dengan istilah “Jangn malu jadi orang batak”
    di blok jadi ada tarombo………..

  43. Maret 25, 2012 5:15 am

    Horas!

  44. Oktober 16, 2012 12:46 pm

    waaah mantanku orang batak :D ahahahaha marganya hasibuan.

  45. Oktober 3, 2013 11:05 am

    horas lae… aku bisa minta tolong kah sama la4e, aku juga orang batak tapi begitu lahir sudah di asuh sma orang lain. jadi tolong carikan orang batak marga simanjuntak yang merantau di jawa kisaran tahun 1970-an dan beristri boru jawa, klo ad fotonya aku ingat tpi fotobapak ku sdh hilang, klo ad gambaran tolong hub.0813 4710 2000, mauliate…

  46. Rudy M. Simanjuntak permalink
    Oktober 3, 2013 11:07 am

    bapak ku dulu katanya supir dan antara daerah surabaya dan jember.. merantaunya, aku ingin sekali tau silsilahku…

  47. Adji Purwanto permalink
    Juli 16, 2014 7:25 am

    mauliate lae Info na…..Molo au halak jawa…alaina belajar bahasa batak….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 204 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: